Entri Populer

Senin, 08 November 2010

Jika Ingin Memelihara Hewan Peliharaan

apakah kamu pernah merasa kesepian di rumah?apakah kamu merasa kehilangan ketika teman-teman mu tak berada di sisimu? ya,memang kita tidak dapat hidup sendiri. kita sering membutuhkankehadiran teman . sayang,teman-teman kita tidak dapat selalu menemani kita sepanjang hari. namun jangan khawatir . kamu tetap dapat berteman, akan tetapi bukan dengan manusia , melainkan binatang

Riset membuktikan memelihara hewan bisa membuat orang awet muda dan lebih bahagia. Yang penting, tetap perhatikan perawatan dan kebersihannya.
Memilih binatang peliharaan butuh pertimbangan yang matang. Sebab, kehadiran makhluk ini akan menimbulkan perubahan dalam hidup Anda. Ini dia Tips memelihara hewan peliharaan

1.Tempat

Pertimbangkan apakah Anda ingin membeli hewan peliharaan dari pet shop, teman, peternak (anjing dan kucing), atau dari rumah penampungan hewan.

Tanyakan silsilah atau riwayat kesehatan binatang yang akan Anda beli. Apakah ia sudah divaksinasi atau belum. Persyaratan untuk mendapatkan hewan peliharaan di pet shop dengan rumah penampungan hewan pasti berbeda. Rumah penampungan hewan membutuhkan sejumlah formulir pendataan untuk calon pengadopsi.

2.Gaya hidup

Apakah Anda masih lajang atau sudah berkeluarga? Apakah Anda menghabiskan banyak waktu Anda di kantor atau sering bepergian?

Anjing, contohnya, membutuhkan banyak interaksi. Anda harus meluangkan waktu untuk mengajak mereka jalan-jalan atau paling tidak bermain selama 2-3 kali seminggu. Namun, kalau Anda tipe sibuk, lebih baik Anda pilih kucing, kelinci, atau ikan yang tidak butuh banyak interaksi dengan manusia.



3.Usia hewan

Anak kucing atau anak anjing memang lucu dan menggemaskan. Namun, kembali lagi pada kebutuhan Anda. Bayi kucing dan anjing butuh perawatan ekstra dan mereka rentan terserang penyakit. Sementara itu, hewan yang sudah dewasa relatif tidak membutuhkan banyak perawatan dan umumnya mereka sudah terlatih. Misalnya, bisa pup (buang air) sendiri di baki pasir yang sudah disiapkan atau mendeteksi orang asing.

4.Peranakan

Tentukan apakah Anda ingin memiliki hewan peliharaan untuk menjaga rumah atau untuk dilombakan. Tentunya hewan peranakan yang bersertifikat bisa diikutsertakan. Peranakan atau silsilah juga menentukan karakter hewan. Contohnya, anjing jenis Jack Russells punya energi yang tinggi dan amat aktif, sedangkan anjing Basset Hounds cenderung pemalas.

5.Pemisahan

Jika Anda punya kucing dan ingin memelihara anjing, pastikan Anda punya ruang yang cukup untuk memisahkan mereka. Contohnya, anjing di luar rumah, sedangkan kucing di dalam rumah. Jangan sampai mereka berkelahi karena berada di satu ruangan dan menyulitkan Anda.

6.Sepasang

Hewan juga butuh teman. Memelihara sepasang anjing atau sepasang kucing memang sulit, tapi mereka akan punya teman bermain saat Anda mungkin sedang tidak punya waktu untuk bermain bersama mereka. Jika salah satu dari mereka mati, segera gantikan dengan yang baru. Pastikan juga mereka cocok.

7.Diskusikan dengan keluarga

Ini hal yang paling penting. Anda, orang tua atau anak-anak, pasti punya hewan favorit masing-masing. Jangan sampai setelah membawa pulang peliharaan, ada anggota keluarga yang tidak suka atau alergi. Otomatis mereka tidak akan bisa ikut merawat peliharaan Anda.
Tidak semua binatang aman dan bisa dipelihara. Di luar binatang yang lazim dipelihara di rumah, terdapat beberapa jenis binatang yang juga sering hidup bersama manusia seperti binatang buas, masih liar serta binatang yang berisiko menularkan penyakit tertentu pada manusia (zoonosis).
 Berikut ini tips lainnya :

1.      Pastikan bahwa binatang yang akan dipelihara bukan binatang buas dan bebas dari penyakit. Bawalah binatang tersebut ke dokter hewan atau bisa juga anda meminta bantuan orang tau komunitas tertentu yang lebih tahu tentang kesehatan dan serba serbi mengenai hewan tersebut.

2.      Pastikan anda untuk selalu menjaga kebersihan binatang peliharaannya, termasuk menentukan tempat dimana binatang tersebut membuang kotoran, makan dan sebagainya.

3.      Pastikan anda memberi sendiri makan dan minum binatang kesayangan anda. Tegaskan bahwa inilah konsekuensi bila ingin memelihara binatang.

Dari pelbagai sumber


Tidak ada komentar:

Posting Komentar